Sabtu, 16 Juli 2011

Rumah Kertas Stemnan, Inspirasi Dari Kertas Koran

Salah satu hal yang identik dengan rumah tradisional di Jepang adalah Shoji Screen yang merupakan partisi atau pembatas ruangan yang terbuat dari dinding kertas. Namun ternyata rumah dengan dinding kertas juga di temukan di luar Jepang. Sebuah rumah di Rockport, Massachusetts di Amerika Serikat yang di bangun tahun 1922 juga merupakan rumah yang identik dengan kertas. Elis Stemnan, seorang insinyur mekanik mencoba ber-eksperimen untuk membuat rumahnya tersebut.

Struktur rumah Stemnan tersebut menggunakan kayu, namun yang lebih unik dari rumah kertas Stemnan adalah bagian interior dan perabotan rumah tersebut juga terbuat dari susunan kertas. Mayoritas kertas yang di pakai adalah kertas koran. Total sekitar 100.000 lembar kertas digunakan Stemnan untuk membungkus rumahnya.

Stemnan menggunakan teknik susunan kertas lapisan demi lapisan yang dicampur dengan lem yang terbuat dari campuran air, tepung dan peal apel untuk menutupi dindingnya. Teknik ini mirip dengan teknik sederhana untuk membuat topeng kertas. Selanjutnya untuk menghindari pelapukan kertas, Stemnan melapisi kertas kertas tersebut dengan pernis.

Awalnya, Stemnan ingin menguji ide nya mengenai kekuatan kertas isolasi di rumahnya. Selanjunya dia memutuskan untuk ber-eksperimen lebih lanjut dengan menggunakan sebanyak mungkin kertas isolasi tersebut untuk bukan saja sekedar membuat dinding rumahnya, namun juga beberapa perabotan seperti meja dan kursi serta tirai penutup jendela yang di buat dari lapisan maupun gulungan kertas. Penggunaan mayoritas kertas koran diyakini banyak orang karena kertas koran adalah jenis kertas yang murah dan berlimpah saat itu. Selain untuk mendaur ulang dan pemanfaatan kertas bekas, Stemnan juga secara tidak langsung menjadikan rumahnya museum artikel dan berita dari koran koran yang digunakannya tersebut. Sehingga bisa dikatakan berita berita dan artikel yang menghiasi rumah Stemnan sudah berusia hampir satu abad.




Stemnan telah mengajarkan pada kita sejak dari tahun 1922, bahwa pemanfaatan dan daur ulang kertas bisa juga digunakan untuk membuat suatu rumah, dan hal tersebut bisa dikatakan penghematan biaya. Karena kertas koran adalah bahan baku yang murah. Uniknya, Stemnan bukanlah seorang arsitek atau ahli konstruksi, sebagai seorang Insinyur Mekanik, dia berprofesi sebagai seorang mekanik pembuat klip kertas. Ide rumah kertas Stemnan memang boleh dibilang kalah tua dengan ide Shoji Screen rumah Jepang, tapi setidaknya dua contoh tersebut bisa dijadikan inspirasi untuk memanfaatkan kertas bekas menjadi bagian dari disain bangunan yang unik. Dan jangan pernah berharap rumah Stemnan akan dijual, karena keluarga Stemnan tidak ingin melakukan hal tersebut, terlebih setelah rumah itu dijadikan obyek wisata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar